Trending

   

Resistensi obat dan Kasus baru Penyakit Tuberkulosis Paru

Posted by

 Penyakit tuberkulosis paru
tuberkulosis paru
Pada Rekomendasi tahun 2010 untuk pengobatan kasus baru Tuberkulosis Paru adalah kombinasi antibiotik selama enam bulan.
- Rifampicin
-Isoniazid
-Pyrazinamide
-Ethambutol

untuk dua bulan pertama, dan hanya rifampicin dan isoniazid untuk empat bulan selanjutnya.

Apabila resistensi terhadap isoniazid tinggi, ethambutol dapat ditambahkan untuk empat bulan terakhir sebagai alternatif.

Penyakit kambuh 

Bila tuberkulosis kambuh, lakukan tes untuk menentukan jenis antibiotik yang sensitif sebelum menentukan pengobatan.

Jika multiple drug-resistant Tuberkulosis (MDR-TB) terdeteksi, direkomdendasikan pengobatan dengan paling tidak empat jenis antibiotik efektif selama 8–24 bulan.

Resistensi obat 

Resistensi primer muncul saat seseorang terinfeksi jenis TB resisten. Seorang dengan TB yang rentan dapat mengalami resistensi sekunder (didapat) pada saat terapi.

Seseorang juga dapat mengalami perkembangan resistensi karena pengobatan yang tidak adekuat, jika obat yang diresepkan tidak dipakai dengan sesuai (karena tidak patuh), atau karena obat yang digunakan berkualitas rendah.

TB dengan resistensi obat merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius di negara yang sedang berkembang. Pengobatan untuk TB yang resisten terhadap obat akan berlangsung lebih lama dan memerlukan obat yang lebih mahal.

MDR-TB (Mulitple Drugs Resistance-TB) sering didefinisikan sebagai resistensi terhadap dua obat yang paling efektif dalam lini pertama pengobatan Tuberkulosis

- Rifampicin 
- Isoniazid.

Extensively drug-resistant TB juga resisten terhadap tiga atau lebih dari enam kelas pengobatan lini kedua.

TB resisten obat total adalah resistensi terhadap semua jenis obat yang selama ini digunakan. TB dengan resisten total terhadap obat pertama kali ditemukan pada tahun 2003 di Italia


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Humbahas.top Updated at: 08.27

0 komentar:

Posting Komentar